DEFINISI
DAN PENERAPAN KOMPUTASI MODERN
Nama : Dimas Santana Seftiawan
NPM : 52410046
Kelas : 4IA15
Alamat : santanatanpagitar.blogspot.com
JURUSAN
TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
Abstraksi
Perkembangan
teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari – hari. Segala masalah yang
dihadapi manusia bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat dengan menggunakan
teknologi. Salah satunya adalah komputer. Permasalahan dalam bidang matematika,
ilmu alam, sosial dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat dengan menggunakan
komputer. Perkembangan yang terjadi di dunia komputer disebut Komputasi Modern.
Salah satu contoh Komputasi Modern yang terkenal adalah Cloud Computing.
Pendahuluan
Komputasi
bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input
dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan
komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, dilakukan
dengan cara manual. Pada zaman seperti sekarang, kebanyakan komputasi sudah
dilakukan dengan menggunakan komputer.
Secara
umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan
model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer
untuk menganalisis dan memecahkan masalah – masalah ilmu (sains). Dalam
penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai
bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai bidang
keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip –
prinsip baru yang mendasar pada ilmu.
Komputasi
Modern merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis
menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh
komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah. Perhtungan dari
Komputasi Modern antara lain akurasi, kecepatan, volume, dan besar kompleksitas.
Metode
Penelitian
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama
adalah mencari literatur yang berkaitan dengan Komputasi Modern. Tahap kedua
yaitu melakukan pencarian salah satu contoh dari Komputasi Modern beserta
penjelasan dari contoh tersebut. Tahap terakhir adalah mendokumentasikan segala
jenis pencarian dan studi pustaka yang ditemukan.
Pembahasan
Komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern,
dimana komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan
pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma sedangkan modern
ini mengungkapkan tentang teknologi masa kini. Maka dapat di simpulkan
Komputasi modern merupakan perhitungan yang menggunakan computer
canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk
menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.
Selain itu,
komputasi modern mempunyai banyak fungsi guna memecahkan berbagai masalah
seperti untuk menghitung:
- Akurasi (bit,
floating point)
- Kecepatan
(dalam satuanHz)
- Problem volume
besar (paralel)
- Modeling (NN
dan GA)
- Kompleksitas (menggunakan
Teori Big O)
Komputansi
modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam,
yaitu :
- Komputer-komputer
penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis
perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
- Komputer-komputer
terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
- Komputer
maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa
jadwal yang jelas.
Sejarah
Komputasi
·
Pada tahun 1613 muncullah penggunaan kata “komputer”
pertama kali. Yang menggambarkan sebuah mesin yang dapat melakukan perhitungan
yang lebih kompleks. Komputasipun mulai berkembang seiring perkembangan
komputer. Perkembangan komputer tersebut dapat dilihat dari hal-hal berikut:
·
Tahun 1940 komputer yang semula dikhususkan sebagai
instrument untuk science, berubah menjadi produk komersil.
·
Tahun 1945 di temukan Bug Komputer oleh Grace Murray
Hopper
·
Tahun 1947 tanggal 23 Desember ditemukan transistor
yang pertama kali oleh Bardeen dan Walter Brattain bersama dengan William
Shockley
·
Tahun 1951 dimulai sebuah gagasan microprogramming
oleh Maurice Wilkes
·
Tahun 1951-1952 Grace Murray Hopper mengembangkan A-O,
yang merupakan compiler pertama.
·
Tahun 1957 John Backus dan kolega IBM mengirimkan
Compiler Fortran yang pertama.
·
Tahun 1958 Jack Kilby menghasilkan prototype
semiconductor IC
·
Tahun 1960 merupakan timbulnya system kecil seperti
word length, register structure, Number of Addresses, I/O channel, Floating
point hardware.
·
Tahun 1960 juga Paul Baran yang bekerja di Rand Corp.
menemukan dasar packet switching untuk data komunikasi.
·
Tahun 1962 video game pertama kali di temukan oleh
Steve Russell yang merupakan seorang lulusan MIT.
·
Tahun 1964 mouse ditemukan oleh Doug Engelbart.
·
Tahun 1969 munculnya internet oleh DARPA
·
Tahun 1970 merupakan kedatangan PC (personal
computer).
·
Tahun 1970 ditemukan UNIX oleh Dennis Ritchie dan
Kenneth Thomson.
·
Pada tahun 1970 juga floppy disk dan daisywheel
printer di tunjukkan kepada umum (debut pertama).
·
Tahun 1971 Ray Tomlinson of Bolt Beranek dan Newmen
pertama kali mengirimkan jaringan surat e-mail.
·
Tahun 1971 Niklaus Wirth menemukan Pascal
·
Tahun 1972 di temukan bahasa C oleh Dennis Ritchie di
Bell Labs.
·
Tahun 1973 Robert Metcalfe menuliskan catatan di
“Ether Acquisition” yang mendeskripsikan Ethernet.
·
Tahun 1973 Robert Metcalfe dan David Boggs menemukan
Ethernet.
·
Tahun 1976 merupakan tahun pertama kalinya muncul
supercomputer dengan vektorial arsitektur.
·
Tahun 1976, Steve Jobs dan Steve Wozniak mendesain dan
membangun Apple I yang terdiri dari kebanyakan papan circuit.
·
Tahun 1977, Steve Jobs dan Steve Wozniak tergabung
dalam Apple computer pada 3 januari.
·
Tahun 1978, Muncul MS
·
Tahun 1978, Wordstar yang merupakan software pengolah
kata diperkenalkan dan meluas.
·
Tahun 1979 telepon seluler di test di Jepang dan
Chicago.
·
Tahun 1980 IBM memilih PC-DOS dari Microsoft sebagai
OS (Operating System)
·
Tahun 1980 bahasa Ada muncul yang di temukan oleh
Departemen Pertahanan US.
·
Tahun 1980 portable computer seberat 24 pounds lahir.
·
1 januari 1983, muncul TCP/IP
·
Tahun 1984, muncul Apple Macintosh
·
Tahun 1984, muncul DNS
·
Tahun 1985 menyebarnya sistem networking.
·
Tahun 1990 tim Barners Lee Menemukan WWW yaitu
aplikasi internet yang membawa perkembangan dan perubahan besar di dunia
internet.
·
Tahun 1991 Trovalds menempatkan UNIX di IBMnya.
·
Tahun 1992 muncul istilah surfing
·
Tahun 1993 pentium milik intel diperkenalkan kepada
umum pada bulan Maret
·
Tahun 1993 muncul NSCA Mosaic
·
Tahun 1994 muncul Yahoo dan Netscape Navigator 1.0
·
Tahun 1995 muncul bahasa pemrograman Java pada bulan
Mei.
·
Pada Desember 1994 maka Spyglass milik Microsoft telah
dibayar dan diberi lisensi, sehingga untuk web browser yang nantinya nama
spyglass tersebut akan diganti dengan nama Internet Explorer.
·
Pada 1995 spyglass sudah menjadi bagian dari OS dan
bagian dari windows
Jenis-Jenis
Komputasi Modern
Komputasi modern
mempunyai 3 jenis, yaitu :
1. Mobile
Computing atau Komputasi Bergerak
Mobile computing
(komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat
berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa
atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan
penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis
membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile
computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.
2. Grid
Computing
Komputasi grid
memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan
kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri
dikontrol oleh satu komputer utama, dan dipecah menjadi beberapa tugas yang
dapat dilaksanakan secara bersamaan pada komputer yang berbeda. Tugas-tugas ini
tidak perlu saling eksklusif, meskipun itu adalah skenario yang ideal. Sebagai
tugas lengkap pada berbagai unit komputasi, hasil dikirim kembali ke unit
pengendali, yang kemudian collates itu membentuk keluaran kohesif.
Keuntungan dari
komputasi grid adalah dua kali lipat: pertama, kekuatan pemrosesan yang tidak
digunakan secara efektif digunakan, memaksimalkan sumber daya yang tersedia
dan, kedua, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan besar berkurang
secara signifikan.
Idealnya kode
sumber harus direstrukturisasi untuk membuat tugas-tugas yang saling eksklusif
adalah sebagai mungkin. Itu tidak berarti bahwa mereka tidak bisa saling
bergantung, tetapi pesan yang dikirim antara tugas-tugas meningkatkan faktor
waktu. Satu pertimbangan penting saat membuat pekerjaan komputasi grid adalah
bahwa apakah kode dijalankan serial atau paralel tugas, hasil dari keduanya
harus selalu sama di setiap situasi.
3. Cloud
Computing atau Komputasi Awan
Cloud computing
adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi.
Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang
kompleks dari visibilitas. Semua yang terlihat adalah sebuah antarmuka, yang
menerima masukan dan memberikan output. Bagaimana output ini dihitung
benar-benar tersembunyi.
Sebagai contoh,
seorang sopir mobil tahu bahwa roda kemudi dengan memutar arah mobil yang
mereka ingin pergi; atau yang menekan pedal gas akan menyebabkan mobil untuk
mempercepat. Sopir biasanya tidak peduli tentang bagaimana arah dari roda
kemudi dan pedal gas tersebut diterjemahkan ke dalam gerakan yang sebenarnya
dari mobil. Oleh karena itu, rincian ini diabstraksikan dari sopir.
Cloud serupa,
melainkan menerapkan konsep abstraksi dalam lingkungan komputasi fisik, dengan
menyembunyikan proses yang benar dari pengguna. Dalam lingkungan komputasi
awan, data bisa berada pada beberapa server, rincian koneksi jaringan yang
tersembunyi dan pengguna tidak ada yang tahu. Bahkan, komputer awan awan
dinamakan demikian karena sering digunakan untuk menggambarkan pengetahuan
eksak tentang pekerjaan batin. Cloud komputasi berat berasal dari paradigma
Unix memiliki beberapa elemen, masing-masing yang sangat baik pada satu tugas
tertentu, daripada memiliki satu elemen besar yang tidak baik.
Implementasi
Bagian ini menjelaskan
implementasi salah satu contoh Cloud Computing, yaitu Firedrive. Firedrive
adalah Files Storage terbaru dan menjadi pengganti Putlocker, karena setiap
kita memasukan domain putlocker.com maka kita akan otomatis diarahkan ke
firedrive.com.
Gambar 1. Laman
Awal Firedrive
Log
In lalu akan keluar tampilan seperti ini.
Gambar 2. Laman
Firedrive setelah Log In
Terdapat tombol Upload yang berfungsi
untuk meng-upload file yang kita inginkan. Bila sudah selesai upload nanti akan
ada link file untuk download.
Simpulan
dan Saran
Cloud
Computing sangat membantu dalam permasalahan penyimpanan file. Bila hardisk di
komputer sudah tidak mencukupi untuk menyimpan file, Cloud Computing merupakan
solusi yang baik untuk masalah tersebut. File akan disimpan di “awan” lalu pada
saat dibutuhkan, file bisa langsung di download. Kelemahannya, peran internet
yang bagus sangat dibutuhkan di Cloud Computing.
Daftar
Pustaka
[1]
Belajar pemrograman. 28 Maret 2014. Komputasi Modern. http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2013/03/komputasi-modern.html
[2]
Ririn. 28 Maret 2014. Komputasi Modern. http://missririn.blogspot.com/2012/03/komputasi-modern.html
[3]
Hikarunamie. 28 Maret 2014. Penjelasan Singkat Komputasi Modern. http://hikarunamie.wordpress.com/2011/06/03/penjelasan-singkat-komputasi-modern/
[4]
Pram Software. 28 Maret 2014. Firedrive Pengganti Putlocker. http://www.pram-software.com/2014/02/firedrive-pengganti-putlocker.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar