Pengunjung

Selasa, 12 Juni 2012

Alur dan Rancangan Sistem Penjualan


ALUR DAN RANCANGAN SISTEM PENJUALAN

Perencanaan dalam melakukan suatu hal amatlah vital perannya. Hal tersebut dapat menentukan suatu tingkat keberhasilan yang akan kita peroleh, step by step nya harus kita perharikan dan pertimbangkan secara matang untuk mengurangi persentase resiko kegagalan. Karena beberapa faktor itu lah saya akan mencoba untuk merancang suatu alur sistem penjualan. Sistem penjualan yang saya maksud adalah suatu sistem penjualan dimana terdapat 2 buah pelayanan terhadap customer yaitu melalui media internet & offline (penjualan secara langsung). Berikut ini adalahdiagram alur suatu sistem penjualan secara offline :




Diagram alur di atas menjelaskan bagaimana alur dari sistem tersebut beroperasi. Pertama-tama ketika customer datang mereka langsung disuguhkan meja makan yg tersedia oleh pramusaji. Sebelumnya customer akan dimintai konfirmasi apakah dia sudah mendaftarkan dirinya dalam toko tersebut atau belum. Jika termasuk member maka customer tersebut akan mendapatkan semacam program khusus yang berbentuk potoongan harga, undian dsb. Meskipun customer tersebut bukan seorang member, mereka akan tetap mendapatkan service yang memuaskan dari para pramusaji tersebut.
Setelah customer mendapatkan meja makan, maka pramusaji akan mejajakan menu yang tersedia, untuk kemudian mencatat pesanannya apabila customer telah selesai memilih menu yang disukainya, pelayan akan meminta konfirmasi kembali atas pesanan yang telah diterimanya dari customer. Jika sudah fix maka pesanan tersebut akan diproses kemudian disajikan kepada customer. Metode pembayaran yang berlaku dalam sistem ini adalah secara tunai dan menggunakan kartu kredit. Hal ini dimaksudkan agar toko dapat menjawab semua tuntutan zaman yang serba praktis, salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembayaran menggunakan kartu kredit.
Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya, selain membuat alur & rancangan sistem penjualan secara offline, saya juga akan membuat nya secara online, berikut adalah gambar diagram alur beserta logika sistem penjualan tersebut :









Pertama masuk pada page HOME, jika sudah menjadi member, maka langsung SIGN IN untuk masuk kedalam HALAMAN UTAMA, jika belum, user harus melakukan pendaftaran/SIGN UP lalu masuk pada database biodata, dalam database biodata terdiri atas nama lengkap, alamat, umur, username, password, email. Pada bagian SIGN IN, jika username dan password cocok, maka user dapat masuk kedalam HALAMAN UTAMA, jika tidak cocok, maka akan kembali ke page SIGN IN. Dalam halaman utama akan muncul pilihan menu makanan dan minuman lalu akan masuk kedalam database pesanan konsumen, setelah selesai memilih, akan ada tampilan message box “anda yakin sudah selesai memilih?” jika ya, maka akan masuk pada page PEMBAYARAN, jika tidak, maka akan masuk kembali untuk memilih menu dimana jika memilih menu tambahan maka akan masuk kedalam database pesanan konsumen tadi. Setelah itu akan ada pilihan untuk proses pembayaran, jika ingin cash, maka proses pemesanan selesai, jika ingin membayar menggunakan kartu kredit, maka masuk kedalam menu kredit dimana akan diminta masukan nomor dan kode expire kartu kredit, jika berhasil maka proses pemesanan menu selesai, jika gagal, maka akan masuk kembali ke menu kredit.

Untuk melihat video tutorialnya silahkan KLIK DISINI

Untuk melihat web dari rancangan diatas KLIK DISINI

Untuk melihat biodata penulis KLIK DISINI


1 komentar: